10 Rekomendasi Cairan Pembersih Karat Terbaik

10 Rekomendasi Cairan Pembersih Karat Terbaik post thumbnail
0 Comments

Munculnya karat pada besi merupakan hal yang lumrah seiring berjalannya waktu. Karat bisa muncul pada perangkat elektronik, mobil, motor, atau sepeda. Bahkan, karat dapat muncul di sela-sela tangki motor, knalpot, atau mesin mobil. Namun, hal ini tidak boleh dibiarkan karena karat dapat merusak barang-barang berbahan besi.

Karena itu, kali ini kami akan membahas tentang cara memilih cairan pembersih karat yang bagus. Jadi, karat dapat dihilangkan sebelum merusak barang berharga Anda. Sepuluh produk rekomendasi dari berbagai merek, seperti STPZerone, dan Lupromax juga telah kami siapkan. Mari disimak!

Atasi korosi pada besi dengan cairan pembersih karat

Karat merupakan hasil dari proses oksidasi besi. Kemunculannya diakibatkan oleh paparan oksigen dan air. Karena itu, hampir semua perlengkapan berbahan besi tidak bisa terhindar dari karat, terutama bila usianya telah cukup lama. Umumnya, karat mudah muncul karena frekuensi pemakaian barang yang tinggi, serta perawatannya kurang diperhatikan.

Selain mengubah warna dan tampilan, karat juga menyebabkan korosi sehingga membuat besi menjadi lebih lapuk. Sebelum karat menyebar pada permukaan besi, sebaiknya Anda segera membersihkannya dengan cairan pembersih karat. Dengan begitu, Anda tak perlu langsung membuang barang-barang yang terkena karat. Cukup lakukan pembersihan dengan cairan khusus, lalu karat pun akan langsung hilang.

Cara memilih cairan pembersih karat

Sesuaikan dengan tujuan penggunaan

Berdasarkan tujuan penggunaannya, cairan pembersih karat dibagi menjadi tiga. Ada yang ditujukan untuk perlengkapan rumah tangga, kamar mandi, dan kendaraan. Meski sama-sama memiliki kemampuan untuk membersihkan karat, setiap jenis memiliki ciri khas tersendiri. Selengkapnya, silakan perhatikan ulasan kami di bawah ini.

Untuk peralatan rumah tangga, pilih yang memanfaatkan bahan alami

Meski kebanyakan peralatan rumah tangga menggunakan bahan stainless steel, bukan berarti Anda terbebas dari karat. Faktanya, kekuatan stainless steel sebagai besi antikarat dapat menurun akibat munculnya keretakan yang dihasilkan dari pemakaian sehari-hari. Keretakan inilah yang menyebabkan munculnya karat pada stainless steel.

Karat yang menempel pada barang-barang rumah tangga, terutama alat makan dan memasak, menjadikannya kurang higienis saat dipakai. Terlebih, karat menimbulkan bau, serta dapat larut pada makanan atau minuman. Hal ini tentu akan sangat berbahaya, apalagi bila Anda harus menggunakannya setiap waktu.

Oleh sebab itu, saat tanda-tanda karat mulai muncul, sebaiknya Anda segera membersihkannya sebelum menyebar lebih parah. Karena berkaitan langsung dengan kesehatan tubuh, kami sarankan untuk memilih cairan pembersih karat yang berbahan alami. Ciri khas cairan ini, yaitu tidak menimbulkan iritasi saat terkena kulit atau mata. Harap diingat baik-baik, ya!

Untuk kamar mandi, pilih yang bisa mengangkat kerak

Bagian-bagian kamar mandi yang berbahan besi atau stainless steel juga tidak luput dari serangan karat. Anda tentu sering mendapati keberadaan karat pada pipa wastafel, shower, atau baut kaca. Hal ini dikarenakan tingginya frekuensi pertemuan antara besi, air, dan oksigen di kamar mandi. Bisa dikatakan bahwa tingkat kelembapan di kamar mandi sangat tinggi.

Karena akan digunakan pada kamar mandi, sebaiknya Anda memilih cairan pembersih karat yang mengandung hydrochloric acid (HCl). Cairan seperti ini bisa dibilang multifungsi. Pasalnya, selain efektif membersihkan karat, cairan tersebut memiliki kemampuan untuk mengangkat kerak di keramik. Alhasil, Anda bisa sekaligus menggunakannya untuk membersihkan lantai kamar mandi.

Untuk kendaraan, pilih yang dapat menjangkau hingga sela tersempit

Pada kendaraan, karat sering ditemukan di mesin mobil atau mesin motor, tangki motor, atau knalpot. Selain itu, bodi bagian luar kendaraan juga rentan mengalami korosi. Saat hal ini terjadi, kinerja kendaraan pasti akan terganggu. Mobil, motor, atau sepeda Anda pun akan tampak kumal dan tidak terawat. Oleh karenanya, pembersihan karat harus dilakukan supaya performa dan tampilan kendaraan bisa tetap prima.

Karena memiliki banyak celah sempit, tentu Anda akan kesulitan bila harus membongkarnya berulang kali. Oleh sebab itu, Anda disarankan untuk memilih cairan pembersih karat yang memiliki kepala berbentuk spray. Dengan begitu, cairan pembersih karat dapat menjangkau hingga ke sela-sela mesin yang tersembunyi.

Pastikan ukuran kemasannya pas dengan kebutuhan

Saat ini, cairan pembersih karat dipasarkan dalam ukuran kemasan yang sangat beragam. Jadi, Anda bisa memilih ukuran yang paling sesuai dengan kebutuhan. Kami sarankan untuk memilih produk dalam kemasan kecil bila Anda baru pertama kali mencoba cairan pembersih ini. Dengan begitu, bila tidak cocok, Anda tak perlu terlalu repot untuk menghabiskan sisanya. 

Sebaliknya, bila Anda telah memiliki produk yang sesuai kebutuhan, Anda dapat memilih kemasan besar. Begitu pula jika Anda berencana untuk membersihkan karat secara rutin. Produk dengan ukuran besar tentu akan lebih menguntungkan.

Periksa keberadaan manfaat tambahan

Beberapa cairan pembersih karat juga dilengkapi dengan manfaat tambahan lain. Ada produk yang dapat melindungi besi agar tidak mudah karatan kembali, memberi efek mengilap pada kendaraan, dan lainnya. Produk dengan manfaat ini tentu akan menguntungkan Anda. Karena itu, sebaiknya Anda memilih produk yang mempunyai manfaat tambahan. Anda bisa mengecek informasi mengenai ini pada label kemasan produk atau website resmi produsen.

Dikutip dari : https://my-best.id

facebook.com linkedin.com twitter.com
Categories:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Jenis Perawatan Poles Mobil
Sebelum melakukan poles mobil, ada beberapa hal yang mesti kalian tahu. Salah satunya adalah jenis-jenis
Harga Poles Mobil Terbaru dan Manfaat Poles untuk Mobilmu
Alasan harga poles mobil tidak murah Poles mobil tidak bisa dilakukan secara sembarangan, sehingga ada
Beli Mobil Bekas? Ketok-ketok Bodi Mobil, Kenapa?
Beli mobil bekas bisa jadi solusi terbaik untuk kamu yang ingin memiliki kendaraan roda empat
Kenali Proses dan Manfaat Body Repair
Body repair mobil memang sangat dibutuhkan apabila terjadi kerusakan pada bagian body mobil. Kerusakan seperti
Mengenal Manfaat dan Apa itu Body Repair
Pastinya, tidak jarang bagi anda mendengar istilah “Body Repair”. sebenarnya apa sih itu body repair?
Jadi Salah Satu Cairan Penting di Mobil, Kamu Perlu Tahu Soal Pelumas Mesin Mobil
Tidak sedikit dari pengendara memilih mobil bekas yang sudah berumur. Hal ini wajar, karena biasanya
Mobil Kamu Karatan? Ini Dia 5 Langkah Hilangkan Karat yang Ampuh
Karat yang mengganggu pada mobil biasanya akan menyebar seiring waktu karena logam di baliknya terpapar
Penyebab Timbulnya Karat di Mobil
  Setelah mengupas secara tuntas mengenai tips menghilangkan karat, sebaiknya ketahui juga apa saja hal
Tips Menghilangkan Karat di Mobil
  Gunakan Amplas Cara termudah menghilangkan karat di mobil bisa dengan menggunakan amplas. Yang terpenting