Tau Gak Layanan Service Mobil Insidental itu apa aja? Kita simak yuk penjelasan kali ini

Tau Gak Layanan Service Mobil Insidental itu apa aja? Kita simak yuk penjelasan kali ini post thumbnail

Selain melakukan service mobil secara rutin dan berkala, Anda juga perlu tahu beberapa bagian pada mobil yang perlu di service sewaktu-waktu. Apa saja bagian yang dimaksud? simak penjelasannya di bawah ini!

1. Body Repair

Body repair merupakan perbaikan pada body mobil Anda yang disebabkan oleh tabrakan atau penggunaan sehari-hari yang meliputi perbaikan atau penggantian panel dengan menggunakan metode tertentu. Pada umumnya untuk melakukan perbaikan ringan dan sedang, bengkel akan melakukan metode washer welder, palu on-off dolly dan shinking.

Sedangkan perbaikan berat seperti penyambungan atau penggantian panel, bengkel biasanya akan melakukan metode CO2 mig/mag welding. Fungsi utama dari body repair adalah melakukan perbaikan terhadap mobil Anda yang mengalami permasalahan dan kerusakan.

Dengan body repair, juga akan mengembalikan warna baru mobil Anda akibat lecet ataupun tabrakan yang berakibatkan pada hilangnya warna asli mobil. Dari tahapan pengerjaan saat berada di bengkel body repair, hasil finishing nya sangat memuaskan dengan kembalinya kilap mobil Anda dengan berbagai perlindungan seperti anti karat dan anti jamur.

2. Service Tangki

Service tangki mobil adalah salah satu cara dalam merawat tangki bahan bakar pada mobil guna menghindari karat atau korosi. Service tangki mobil akan menjadi wajib untuk dilakukan apabila mobil mengalami kejadian tidak diinginkan, misalnya terendam banjir atau kecelakaan yang mengakibatkan tangki bocor atau penyok.

Tapi sebenarnya perawatan terhadap tangki bensin mobil ini dikembalikan lagi pada pemilik mobil sendiri (Anda). Sebab, service tangki mobil bisa saja tidak perlu dilakukan jika perawatan pada komponen ini dilakukan dengan baik.

3. Repair Bumper

Service mobil insidental selanjutnya adalah repair bumper. Bumper merupakan salah satu bagian dari body mobil yang juga penting. Fungsi dari bumper adalah untuk melindungi mobil dari terjadinya benturan.

Bumper mobil terletak pada bagian depan mobil, di bawah kap mesin. Kebanyakan orang memodifikasi mobilnya dengan mengganti bumper. Repair pada bumper mobil selain untuk tampilan, juga untuk aspek kenyamanan Anda sendiri.

4. Poles Cat Mobil

Baret halus dan bercak jamur yang muncul pada permukaan cat mobil menjadi tidak sedap dipandang. Untuk menghilangkan baret halus dan bercak jamur tersebut, salah satu caranya adalah dengan melakukan polishing atau poles cat mobil. Karena sifatnya yang insidental, poles cat mobil ini hanya perlu Anda lakukan ketika kondisi cat mobil Anda sudah kelihatan baret halus dan bercak jamur.

5. Las Body Keropos

Karat adalah penyebab yang bisa menyebabkan body mobil menjadi keropos dan apabila sudah terjadi keropos, maka body mobil pastinya akan habis dimakan karat dan akhirnya bolong. Hal tersebut karena body mobil terbuat dari plat besi, sehingga dalam jangka waktu tertentu, kasus keropos tersebut akan dialami. Jika hal itu terjadi, yang perlu Anda lakukan adalah melas bodi mobil.

Selain terjadi pada body mobil, penyakit keropos ini juga bisa timbul pada kolong mobil, seperti pada bagian sasis mobil. Letaknya yang berada di bagian bawah dan sering bersentuhan secara langsung dengan air hujan atau genagan air, menjadikannya sangat mudah sekali untuk mengalami keropos.

Terlebih lagi jika mobil Anda adalah keluaran terbaru saat ini, di mana sasis mobilnya kebanyakan terbuat dari plat besi yang tipis, sehingga sangat mudah sekali terjadi keropos. Apabila pada bagian bodi dan sasis ini sudah kelihatan keropos, maka langkah yang harus degera Anda ambil adalah memotongnya dan menambalnya dengan plat baru.

6. Repair Velg Penyok

Velg merupakan salah satu komponen paling vital pada mobil. Tidak hanya untuk keperluan estetika, tetapi peran penting velg adalah menjadi tumpuan keempat rodan ban mobil. Lingkaran logam yang berada di dalam roda itu adalah velg.

Konsepnya, velg pada mobil harus seimbang dan beriringan agar roda mobil dapat berputar mulus saat melaju dengan kecepatan tinggi. Bahannya juga tidak bisa asal-asalan karena velg mobil akan menahan beban vertikal dan beban samping, juga menopang sistem pengereman.

Velg peyang adalah sebutan untuk velg yang mengalami bagian yang penyok. Biasanya peyang terjadi di bibir velg yang disebabkan oleh benturan keras atau menginjak lubang yang dalam dengan kecepatan tinggi.

Dikutip dari tulisan : Fadly, Finn Auto Express

facebook.com linkedin.com twitter.com
Categories:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Jenis Perawatan Poles Mobil
Sebelum melakukan poles mobil, ada beberapa hal yang mesti kalian tahu. Salah satunya adalah jenis-jenis
Harga Poles Mobil Terbaru dan Manfaat Poles untuk Mobilmu
Alasan harga poles mobil tidak murah Poles mobil tidak bisa dilakukan secara sembarangan, sehingga ada
Beli Mobil Bekas? Ketok-ketok Bodi Mobil, Kenapa?
Beli mobil bekas bisa jadi solusi terbaik untuk kamu yang ingin memiliki kendaraan roda empat
Kenali Proses dan Manfaat Body Repair
Body repair mobil memang sangat dibutuhkan apabila terjadi kerusakan pada bagian body mobil. Kerusakan seperti
Mengenal Manfaat dan Apa itu Body Repair
Pastinya, tidak jarang bagi anda mendengar istilah “Body Repair”. sebenarnya apa sih itu body repair?
10 Rekomendasi Cairan Pembersih Karat Terbaik
Munculnya karat pada besi merupakan hal yang lumrah seiring berjalannya waktu. Karat bisa muncul pada
Jadi Salah Satu Cairan Penting di Mobil, Kamu Perlu Tahu Soal Pelumas Mesin Mobil
Tidak sedikit dari pengendara memilih mobil bekas yang sudah berumur. Hal ini wajar, karena biasanya
Mobil Kamu Karatan? Ini Dia 5 Langkah Hilangkan Karat yang Ampuh
Karat yang mengganggu pada mobil biasanya akan menyebar seiring waktu karena logam di baliknya terpapar
Penyebab Timbulnya Karat di Mobil
  Setelah mengupas secara tuntas mengenai tips menghilangkan karat, sebaiknya ketahui juga apa saja hal
Tips Menghilangkan Karat di Mobil
  Gunakan Amplas Cara termudah menghilangkan karat di mobil bisa dengan menggunakan amplas. Yang terpenting