Gimana Sih Cara Pilih Bengkel Mobil ?

Gimana Sih Cara Pilih Bengkel Mobil ? post thumbnail

Untuk mengerjakan body repair, sebaiknya jangan asal pilih terlebih hanya karena harganya yang murah saja. Karena akan berdampak langsung body ataupun cat mobil yang tidak rapi. Yang paling sering terjadi adalah hasil finishing panel yang dikerjakan tampak berbeda dengan panel yang lain, sehingga warna mobil akan tampak menjadi belang.

Anda bisa menemui cukup banyak bengkel body repair, baik yang membuka bengkel sendiri atau jasa pengecatan di pinggir jalan dengan harga yang bervariasi. Tidak jarang hasil yang diberikan juga cukup baik, mengingat tidak sedikit perusahaan asuransi yang bekerjasama dengan bengkel body repair seperti ini untuk menekan biaya perbaikan namun dengan hasil pengerjaan yang cukup baik.

Yang harus benar benar diperhatikan adalah bagaimana riwayat bengkel tersebut selama berdiri, pengalaman dan bagaimana teknik pengecatan yang dimiliki bengkel tersebut. Salah satu indikasi bengkel tersebut memiliki kualitas yang baik adalah memiliki banyak pelanggan tetap dan banyak dijadikan referensi para pengguna mobil. Jadi banyak banyak mencari informasi mengenai bengkel yang akan Anda tuju ya.

Namun untuk hasil yang lebih baik sangat disarankan untuk mengerjakan di bengkel resmi body repair, karena mobil Anda akan dikerjakan oleh tenaga profesional dan penggunaan cat yang jauh lebih berkualitas. Kalau body repair non resmi biasanya menggunakan cat duco yang merupakan singkatan dari DuPont Corporation, sementara bengkel body repair resmi biasanya menggunakan merk cat yang lebih berkualitas seperti Sikkens, Spies Hecker dan Stansdoke.

Saat melakukan body repair, ada beberapa langkah perbaikan yang dilakukan pada bagian mobil yang mengalami kerusakan. Ada beberapa komponen biaya yang harus diperhitungkan untuk body repair, mulai dari perbaikan penyok, ataupun pengelasan apabila ada karat, pengecatan hingga finishing. Semua biaya ini dapat dihitung untuk full body mobil ataupun per panel,

Range perhitungan biaya perbaikan yang dilakukan untuk bengkel non resmi sedikit lebih murah dibandingkan bengkel resmi, estimasi biayanya adalah sebagai berikut.

  • Standar Panel Pintu, spoiler, sideskirt, bumper, fender/spakbor berkisar antara Rp 300.000 – Rp 450.000
  • Kap bagasi dan mesin mobil berkisar antara Rp 400.000 – Rp 600.000
  • Atap mobil berkisar antara Rp 500.000 – Rp 800.000

Sementara itu untuk biaya perbaikan yang dilakukan untuk bengkel resmi sedikit lebih mahal, karena menggunakan bahan cat yang jauh lebih berkualitas dan tenaga profesional. Pada bengkel body repair resmi harga per panel adalah sekitar Rp 700.000 dan untuk atap adalah Rp 1,8 juta. Sementara untuk penggunaan cat yang lebih berkualitas seperti Sikkens dan Spies Hecker harganya berkisar antara Rp 800.000 untuk setiap panel.

Setelah kita mengetahui range biaya perbaikan dan pengecatan per panel, sekarang kita hitung biaya estimasi pengecatan untuk full body dengan menggunakan cat oven. Anda bisa melakukan pengerjaaan yang lebih murah di bengkel non resmi, namun untuk hasil pengerjaan cat dan finishing yang lebih baik Anda bisa memilih menggunakan bengkel body repair resmi.

  • Full body dengan menggunakan bahan Nippon Paint, DuPont, Apsara, dan Blinken, Anda bisa mendapatkan dengan harga Rp 4 juta (tergantung ukuran dan kondisi body mobil dan pemilihan warna)
  • Full Body dengan menggunakan bahan Sikkens dan Spies Hecker, Anda bisa mendapatkan dengan harga Rp 9 juta (tergantung ukuran dan kondisi body mobil dan pemilihan warna)

Dikutip dari : wuling.id

facebook.com linkedin.com twitter.com
Categories:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Jenis Perawatan Poles Mobil
Sebelum melakukan poles mobil, ada beberapa hal yang mesti kalian tahu. Salah satunya adalah jenis-jenis
Harga Poles Mobil Terbaru dan Manfaat Poles untuk Mobilmu
Alasan harga poles mobil tidak murah Poles mobil tidak bisa dilakukan secara sembarangan, sehingga ada
Beli Mobil Bekas? Ketok-ketok Bodi Mobil, Kenapa?
Beli mobil bekas bisa jadi solusi terbaik untuk kamu yang ingin memiliki kendaraan roda empat
Kenali Proses dan Manfaat Body Repair
Body repair mobil memang sangat dibutuhkan apabila terjadi kerusakan pada bagian body mobil. Kerusakan seperti
Mengenal Manfaat dan Apa itu Body Repair
Pastinya, tidak jarang bagi anda mendengar istilah “Body Repair”. sebenarnya apa sih itu body repair?
10 Rekomendasi Cairan Pembersih Karat Terbaik
Munculnya karat pada besi merupakan hal yang lumrah seiring berjalannya waktu. Karat bisa muncul pada
Jadi Salah Satu Cairan Penting di Mobil, Kamu Perlu Tahu Soal Pelumas Mesin Mobil
Tidak sedikit dari pengendara memilih mobil bekas yang sudah berumur. Hal ini wajar, karena biasanya
Mobil Kamu Karatan? Ini Dia 5 Langkah Hilangkan Karat yang Ampuh
Karat yang mengganggu pada mobil biasanya akan menyebar seiring waktu karena logam di baliknya terpapar
Penyebab Timbulnya Karat di Mobil
  Setelah mengupas secara tuntas mengenai tips menghilangkan karat, sebaiknya ketahui juga apa saja hal
Tips Menghilangkan Karat di Mobil
  Gunakan Amplas Cara termudah menghilangkan karat di mobil bisa dengan menggunakan amplas. Yang terpenting